Teknologi Komputer Interaktif untuk Berbagai Keperluan

Nyaris semua orang pasti pernah menggunakan teknologi komputer interaktif dalam beberapa versi. Hanya saja tidak jarang dari kita yang kurang paham apa sebenarnya komputer interaktif itu sendiri. Jika dilihat dari fungsinya, komputer adalah seperangkat alat yang digunakan untuk menghimpun data dan informasi dalam bentuk elektronik, sementara interaktif adalah sifat yang berasal dari kata interaksi.

Interaksi sendiri merupakan hubungan timbal balik antara manusia yang satu dengan lainnya melalui proses komunikasi. Proses komunikasi sendiri di era digital seperti sekarang ini tidak harus mendatangkan dua orang atau lebih ke satu lokasi. Cukup melalui perangkat elektronik seperti komputer atau handphone saja, komunikasi sudah bisa dilakukan. Itu salah satu contoh interaksi.

Teknologi komputer interaktif salah satunya diciptakan oleh Intel yang peka terhadap input visual oleh para penggunanya. Konon nantinya Intel akan memberikan inovasi berupa intel real sense 3D camera dengan tujuan pengguna bisa lebih peka terhadap jarak sensor. Para gamer juga sepertinya sudah tidak asing dengan teknologi yang satu ini, karena kerap menggunakannya saat sedang bermain game online.

Jenis-jenis Media Interaktif

Jika mengulik apa saja jenis-jenis teknologi computer yang interaktif, kita akan menemui beragam jenisnya sesuai dengan basis masing-masing. Misalnya untuk teknologi berbasis e-learning, Anda bisa menemui beberapa contoh, yakni Moodle, Fedena, Ilmu Komputer, Pesonaedu, dan media interaktif FIsikanet.

Bukan hanya media interaktif yang berbasis e-learning, namun juga ada media interaktif yang berbasis web atau situs online. Contohnya langsung saja kita ambil Zenius Education, Wikipedia yang kerap kita gunakan, ada juga Kelas Kita, kemudian ada Wolfram Alpha, selanjutnya ada Music Theory, dan Wikihow.

Ada lagi teknologi komputer interaktif yang basisnya software, yaitu Rekentest, Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite, Animals for Kid, Chinese Toolbox, ChemDigit, Portable Balabolka, TinyPiano, dan masih banyak lainnya. Kita ambil contoh lagi media interaktif Celestia Portabel, Holy Quran Software, dan Anatomy Illustrator. Mungkin kerap digunakan, tapi tidak sadar kalau itu media interaktif.

Ragam Software Media Interaktif

Beragam media interaktif di atas tidak semerta-merta ada tanpa software atau otak di belakangnya. Tercatat ada beberapa software yang membuat ragam media interaktif itu bisa dinikmati banyak orang. Pertama ada software Prezi yang paling cocok dan kerap digunakan sebagai media presentasi di kelas. Kedua ada Windows Movie Maker, apliksi bawaan yang bisa Anda gunakan untuk editing berbagai video.

Jenis software lainnya yang mendukung teknologi komputer interaktif adalah Flypaper, software ini menggabungkan antara gambar, animasi, flash, video, dan lain sebagainya sebagai media konten visual. Untuk Anda yang menyukai interaksi dengan gaya tidak monoton, tentu akan cocok menggunakan OS ini.

Selanjutnya software lainnya ada Camtasia, gunanya untuk merekam aktivitas dari layar pc atau laptop Anda. Kemudian ada juga Snagit, software yang digadang-gadang cocok untuk peserta didik karena bisa melakukan capture layar. Ada lagi Lectora, templatenya lengkap dan cocok sebagai media pembelajaran. Animator sepertinya tidak asing dengan Adobe Flash Profesional yang digunakan membuat animasi.

Itu dia sedikit saja tentang beberapa jenis media interaktif dan apa saja jenis software yang bisa digunakan untuk mendukung teknologi media interaktif. Di samping dari jenis-jenis yang sudah disebutkan, media interaktif itu masih ada banyak jenisnya. Demikian juga dengan berbagai software yang bisa mendukung terbentuknya teknologi komputer interaktif yang kerap Anda nikmati itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *